Prolog merupakan bahasa pemrograman logika atau
sebagai bahasa non-procedural.
Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique
(pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar
tahun 1972
dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan
logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
prolog
menjadi populer di Eropa untuk aplikasi AI. Sedangkan di Amerika Serikat, para
peneliti juga mengembangkan bahasa lain untuk aplikasi yang sama yaitu LISP.
LISP mempunyai kelebihan dibandingkan prolog , tetapi LISP lebih sulit
dipelajari.
Pada mulanya, Prolog adalah bahasa yang sangat murni yang
didasarkan pada keindahan logika. Sejak ditemukannya pada tahun 1970-an oleh
ketiga orang di atas, Prolog berkembang dengan lambat dan hanya digunakan oleh
para peneliti dari universitas-universitas terkenal karena hanya merekalah yang
dapat mengerti arti dari pentingnya Prolog. Dalam masa pengembangannya, para
peneliti banyak menemukan kebutuhan-kebutuhan baru yang perlu ditambahkan di
Prolog.
Pada awalnya, Prolog dan LISP sangat lambat dalam
eksekusi program dan memakan memori yang besar sehingga hanya kalangan tertentu
yang menggunakannya. Dengan adanya Compiler Prolog, kecepatan eksekusi program
dapat ditingkatkan, namun Prolog masih dipandang sebagai bahasa yang terbatas
(hanya digunakan di kalangan perguruan tinggi dan riset).
Pada awal tahun 1980-an, dunia industri mulai menyadari
kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Prolog dibandingkan dengan bahasa konvensional
lainnya. Dengan terlibatnya dunia industri, maka timbul tuntutan-tuntutan baru,
misalnya tuntutan akan eksekusi waktu yang lebih cepat, kebutuhan memori yang
lebih kecil dan kebutuhan praktis lainnya. Namun hal ini justru menimbulkan 2
kelompok yang mempunyai filosofi yang berbeda.
Di satu sisi, mereka menganggap bahwa Prolog merupakan
bahasa penelitian sehingga mereka menginginkan banyak hal tercakup dalam Prolog
sehingga Prolog dapat digunakan secara luwes untuk berbagai keperluan
penelitian. Di sisi lainnya, mereka yakin bahwa Prolog seharusnya dapat menjadi
bahasa yang berguna untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi yang bukan
penelitian.
Pandangan umum Prolog, hanya digunakan di kalangan
perguruan tinggi dan riset, tiba-tiba berubah di tahun 1981 pada konverensi
internasional I dalam system generasi kelima di Tokyo, Jepang. Jepang yang saat
itu mengalami kesulitan bersaingdalam pemasaran komputer dengan Amerika
Serikat, mencanangkan rencana pengembangan teknologi hardware dan software
untuk tahun 1990-an. Dan bahasa yang dipilih adalah Prolog.
Sejak saat itu, banyak orang menaruh minat pada prolog
dan saat itu telah dikembangkan versi prolog yang mempunyai kecepatan dan
kemampuan yang lebih tinggi, lebih murah dan lebih mudah digunakan, baik untuk
komputer mainframe maupun komputer pribadi sehingga Prolog menjadi alat yang
penting dalam program aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan pengembangan system
pakar (expert system).
- Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Bahasa Pemrograman yang Umum
(Basic, Pascal, C, Fortran):
|
Bahasa Pemrograman Prolog :
|
|
|
- Keunggulan Prolog
Keunggulan
Prolog terletak pada kemampuannya untuk mengambil kesimpulan (jawaban) dari
data-data yang ada. Karena program dalam bahasa prolog tidak memerlukan
prosedur (algoritma). Prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak
terstruktur dan yang prosedur pemecahannya tidak diketahui, khususnya untuk
memecahkan masalah non-numerik.
Misalnya,
dalam pembuatan program catur dengan prolog untuk menentukkan gerakan catur
anda tidak perlu menganalisa semua kemungkinan atau menentukkan suatu prosedur
tertentu untuk untuk menentukan gerakan berikutnya. Tetapi anda cukup
menuliskan aturan umum permainan catur dan lebih baik lagi jika ditambah dengan
aturan yang diperoleh dari pengalaman. Prolog akan menentukan sendiri langkah
yang akan diambil berdasarkan data-data yang ada saat itu dan aturan-aturan
yang diberikan.
- Aplikasi Prolog
- Sistem Pakar (Expert System).
Sistem
Pakar (Expert System) yaitu program yang menggunakan teknik pengambilan
kesimpulan dari data yang didapat seperti yang dilakukan oleh seorang ahli
dalam memecahkan masalah. Komputer dapat diprogram untuk berbuat seperti orang yang ahli dalam bidang
tertentu. Komputer yang demikian dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga
ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat
yang dibutuhkan.
Tujuan utama sistem pakar bukan untuk menggantikan
kedudukan seseorang ahli atau pakar tetapi hanya untuk memasyarakatkan
pengetahuan dan pengalaman pakar-pakar tersebut. System pakar memungkinkan
orang lain meningkatkan produktifitasnya, memperbaiki kualitas keputusannya,
sistem pakar bias memecahkan masalah yang rumit meskipun tidak ada seorang
ahli.
2. Pengolahan
bahasa alami (Natural Language processing).
Natural
Language Processing merupakan program yang dibuat agar pemakai dapat
berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia sehari-hari (bahasa apapun).
Sebagai contoh adalah Lotus HAL, yaitu program Bantu untuk Lotus 1-2-3 agar
dapat menerima perintah bahasa inggris seperti bahasa biasa.
Program
pengolahan bahasa alami menggunakan teknik AI dalam analisis input bahasa yang
dimasukan melalui keyboard, program tersebut berusaha mengidentifikasi sintak,
semantil dan konteks yang terkandung dalam suatu kalimat agar bias sampai pada
kesimpulan untuk bias memberikan jawaban.
3. Robotik
Dalam
robotik, Prolog digunakan untuk mengolah data masukan yang berasal dari sensor
dan mengambil keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan. Apalagi
kalau robot menemukan peristiwa yang tidak diharapkan atau situasi yang
berbeda.
4. Pengenalan
Pola (Pattern Recognition).
Pengenalan
pola banyak diterapkan dalam bidang robotic dan pengolahan citra (image
processing). Misalkan, bagaimana computer dapat membedakan gambar sebuah benda
dan gambar benda yang lain, atau sebuah obyek yang berada diatas obyek lain.
5. Belajar
Bidang
ini berkaitan dengan program yang dapat belajar dari kesalahan yang pernah
dilakukan, dari pengamatan atau dari hal-hal yang pernah dilakukan. Secara
singkat, berarti membuat sebuah computer mampu untuk mengambil manfaat dari
pengalaman yang pernah ditemuinya.
6. Game
Suatu
cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain
maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional. Game
adalah permainan video yang dimainkan pada komputer,
dan bukan pada konsol permainan. Game dibuat berdasarkan
logika yang dikembangkan dan diterapkan ke dalam bentuk visual.
- Macam-macam Prolog
1. Strawberry
prolog
2. Visual
prolog
3. SWI
prolog
4. Turbo
prolog
sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Prolog
http://forum.himatif.or.id/viewtopic.php?f=10&t=895&sid=14c116b92f8ff04c1a5a76573b95d55b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar